(Review) Buku Petualangan Rumi

Alur cerita yang menarik dari buku cerita anak Petualangan Rumi ini membuat anakku tak sabar menyelesaikan tiap babak ceritanya. Penulisnya, Dewi Rieka menyajikan buku cerita anak menarik yang cocok untuk anak SD.

Review buku petualangan Rumi
Buku cerita Petualangan Rumi ini terbit tahun 2019

Buku cerita anak berukuran A4 dengan tebal 92 halaman ini sangat menarik, enggak cuma menceritakan perjalanan Rumi dari satu tempat ke tempat lainnya tetapi juga mengenalkan kuliner nusantara yang unik dan memiliki ciri khas. Menariknya, selain berisi bacaan berbobot, buku cerita Petualangan Rumi ini delengkapi dengan halaman aktivitas seperti mewarnai, teka-teki silang, dan maze. Sudah cukup mewakili sebagai buku cerita sekaligus activity book. Anak diajak menyelami warisan nusantara dengan cara yang menarik dan menyenangkan.

Buku Petualangan Rumi bercerita tentang Rumi yang merupakan singkatan dari Rumah Mungil, sebuah mobil seukuran mini bus dan mirip seperti sebuah rumah. Aku menebak, Rumi ini adalah sebuah campervan atau mobil kemping karena penulis menggambarkan kalau dalam Rumi terdapat dapur dan kamar tempat beristirahat, seperti camper volkswagen klasik.

Buku Petualangan Rumi menceritakan tentang perjalanan Moza, Angga dan papanya menyusuri pulau Jawa sambil menikmati kuliner di masing-masing daerah yang dikunjungi. Berangkat dari Bogor, Moza, Agga, dan papanya menuju kota pertama yaitu Cirebon yang dikenal sebagai kota udang. Mereka mencoba masakan asli Cirebon dan kemudian melanjutkan ke kota lain seperti Pekalongan, Kendal, Semarang dan Banyuwangi. Di perhentian tak lupa mereka mencicipi beragam kuliner khas daerah setempat.

buku cerita anak tentang petualangan
Semoga buku petualangan Rumi seri ke-2 segera terbit yaa


Lewat Petualangan Rumi, Dewie Rika, penulis buku yang sekaligus seorang travel blogger ini ingin mengenalkan ke anak-anak beragam kuliner di pulau Jawa dan Bali. Alur ceritanya yang maju membuat kita dibawa suasana seolah-olah sedang berada di latar cerita. Cerita menjadi penuh haru ketika ada pencuri berusaha memasuki Rumi. Agga dan Moza yang kala itu berada di dekat Rumi berteriak minta tolong. Penulis menceritakan dengan bahasa yang ringan sehingga mudah dipahami oleh anak-anak yang membacanya.

 Aku pikir, buku Petualangan Rumi ini adalah sebuah buku cerita anak yang sangat menarik. Lengkap dengan berbagai macam ilustrasi yang menarik, tebak-tebakan dan quiz sehingga selain mendapatkan manfaat dari membaca, anak-anak juga diajak beraktivitas dan mereview ulang berbagai macam kuliner Nusantara yang sudah mereka ketahui dari membaca buku Petualangan Rumi ini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url